Mengkritik Orang Boleh Tapi Kita Juga Harus Siap Untuk Dikritik

Mengkritik Orang Boleh Tapi Kita Juga Harus Siap Untuk Dikritik

Kadang kita tanpa sadari, kita sering kali mengomentari hidup orang, kita sering sekali berpendapat akan hidup seseorang. Dan kadang rasanya ingin turut masuk ikut campur kehidupan seseorang, karena saking gemesnya. Ingin ikut mengatur, dan menentukan jalan hidupnya. Dan itu semua kita lakukan tanpa sadar. Hal paling simpel saja, dimana banyak selebritis yang dimana hidupnya di ekspos di media sosial. Dan banyak sekali netizen yang turut mengomentari, memberikan nasihat, memberikan saran, bahkan ada yang lebih ke mengomentari yang menyuruh. Dan rasanya lucu saja jika seperti itu.

Mengkritik Orang Boleh Tapi Kita Juga Harus Siap Untuk Dikritik

Makanya orang menjadi serba takut untuk mempost sesuatu, atau menampilkan sesuatu. Karena takut di judge oleh orang lain, takut dikomentari oleh orang lain, takut nanti malah mendapatkan komentar pedas. Karena banyak orang yang memiliki mental tidak sekuat itu. Sehingga kadang ada ungkapan orang hebat saat mengomentari, tapi saat dikomentari balik tidak terima. Sehingga itu dibilang beraninya di kandang doang. Jadi kita bisa belajar disini, kalau kita berani mengomentari orang, ya kita juga harus siap dikomentari. 

Jangan hanya senang mengomentari tapi giliran dikomentari, malah tidak terima. Kan aneh. Makanya jadilah netizen yang cerdas dan bijak. Jadi lebih bijak dan dewasa dalam berkata dan bersikap. Dan kuatkan mental kalian. Jangan sedikit-sedikit tersinggung. Salah sedikit sakit hati. Salah sedikit tersinggung, lapor polisi, lapor ke pihak berwajib. Walaupun itu hak kita juga. Hak kita menuntut keadilan. Tapi bukan berarti kita menggunakan hak kita dengan semenah-menah. Kita menggunakan hak kita dengan seenaknya. 

Tetap harus berpikir panjang, dan menjadi orang yang lebih bijak. Jangan mempersulit hal yang mudah, dan menggampangkan hal yang sulit. Karena banyak sekali orang yang seperti itu. Jadi gunakan lah hakmu dalam berbicara, berpendapat, berkomentar. Tapi gunakan dengan baik dan bertanggung jawab. Dan saat ada yang mengomentari balik, kalian juga harus siap akan itu. Kalian harus bisa menerima dengan besar hati dan kepala dingin.