Manfaat dari Mengkonsumi Sayur Kangkung yang perlu Diketahui Bagi Kesehatan

Manfaat dari Mengkonsumi Sayur Kangkung yang perlu Diketahui Bagi Kesehatan
Manfaat dari Mengkonsumi Sayur Kangkung yang perlu Diketahui Bagi Kesehatan

Sayur jenis ini sangat populer di Indonesia , sayur kangkung memiliki nama latin Ipomoea aquatica Forsk ini merupakan jenis sayuran yang sering kita temui di rumah masakan tradisional dan sering kita jumpai pada pasar atau swalayan . Memiliki rasanya nikmat, kangkung menyimpaan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Sayur kangkung memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus seperti serat, vitamin c, vitamin a , zat besi, kalsium, fosfor, dan kandungan lain nya .

Berikut ini ada beberapa manfaat dari Mengkonsumi Sayur Kangkung

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Hal ini di sebabkan karena ada nya kandungan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata. Beta karoten di percayai dapat melindungi sel-sel mata agar terhindar dari kerusakan.
Vitamin A sangat bagus dan di perlukan dalam menjaga kornea pada mata . Vitamin A perlu dalam membentuk rhodopsin, yang sangat di butuhkan mata untuk ketajaman warna.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Hal ini di karena kan pada kangking mempunyai serat yang bagus untuk mengonsumsi banyak sayuran. Kangkung bisa dijadikan pilihan karena kaya akan serat dan vitamin. yang bermanfaat dalam melancarkan sistem pecernaan.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kangkung memiliki kandungan air yang banyak sehingga bisa membantu ginjal tetap sehat. Air yang dikandung kangkung adalah sekitar 85 gram pada 100 gram nya . Hal ini sangat baik buat kesehatan ginjal anda agar bisa bekerja secara optimal dalam menyaring darah .

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kangkung sangat bagus dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat kangkung ini di karenakan adanya kandungan kalium yang dapat membantu dalam mengatur dan menurunkan tekanan darah.
Tapi untuk kangkung kandungan yang di miliki hanya sedikit jadi dibutuhkan kandungan kalium yang lebih tinggi sebagai tambahan harian. Contohnya adalah ubi, kentang , atau buah pisang .

5. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat lainnya dari kangkung yaitu dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh dapat di hilangkan dengan memakan sayur kangkung. Anda dapat memakan nya secara rutin karena pada kangkung memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas.