Selalu Sertakan Alasan Di Setiap Larangan Yang Akan Diberikan Kepada Anak

Selalu Sertakan Alasan Di Setiap Larangan Yang Akan Diberikan Kepada Anak

Sering sekali orang tua melarang anak melakukan segala sesuatu tanpa disertai alasan yang jelas. Sehingga anak shock saat orang tuanya bisa marah sebegitunya saat dia melakukan sesuatu. Dan itu membuat anak sering melakukan kesalahan yang sama dan sama beberapa kali. Karena orang tua tidak memberikan penjelasan yang jelas dan tepat akan apa yang dilarangnya untuk dilakukan. Sehingga anak pun akan mencari-cari sendiri apa yang salah dan baik di luar. Dan itu yang membuat kenapa banyak anak yang sering salah akan pergaulan. 

Selalu Sertakan Alasan Di Setiap Larangan Yang Akan Diberikan Kepada Anak

Ada beberapa alasan memang kenapa anak-anak itu bisa terjerumus pada pergaulan yang salah, selain dia bingung harus mencari baik dan buruknya akan sesuatu, karena orang tua tidak memberikan alasan dan didikan yang jelas kepada anak. Sehingga anak pun tidak tahu apa yang dia lakukan saat ini sudah benar atau tidak. Dia akan mencari apa sih alasan yang baik atau tidak baik. Apalagi sekarang sudah didukung dengan perkembangan teknologi dan internet, Sehingga anak-anak semakin mudah mencari segala sesuatu yang ingin mereka ketahui. 

Dan setiap anak, mereka memiliki daya ingat dan daya cerna yang baik. Kadang orang tua lahnya yang  berperan aktif untuk membantu anaknya untuk membantu mereka  untuk tambah aktif, dan tambah pintar dan sopan tanpa harus. Memberikan banyak penjelasan panjang lebar. Anak-anak akan ikut dan mencontohi apa yang dilakukan orang tuanya,  baik itu perbuatan baik atau buruk. Jadi saat kita menjadi orang tua, ada baiknya kita sangat memperhatikan gerak gerik kita, sehingga anak pun bisa mengikuti bagian yang baik nya. 

Dan pun kalau mereka lakukan hal yang negatif mereka akan melakukan karena mereka mengikuti apa yang orang tua nya lakukan. Atau melakukan apa yang dia lihat orang yang ada di sekitarnya lakukan, maka itu yang akan dilakukannya, jadi perhatikan sekali lingkungan tempat anak kalian tumbuh besar. Karena itu akan sangat berpengaruh, dan jika ada hal yang kalian rasanya dia sudah kelewatan, jangan ragu untuk menegur dan berikan alasan kenapa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan. Sehingga mereka tidak akan melakukannya lagi.