Mengeluh Tidak Akan Membalikkan Waktu Dan Kesempatan Ataupun Memperbaiki Keadaan

Menjadi Dewasa Tidaklah Enak Begitu Juga Dengan Menjadi Keanak-Anakan

Sering sekali kita sebagai manusia mengeluhkan berbagai macam hal. Mulai dari kegiatan kita sehari-hari, kita sering sekali mengeluh. Kenapa harus kita. Kenapa hari ini, kenapa dan kenapa. Sehingga kita menjadi seseorang yang pengeluh. Apa-apa dikeluhkan. Tapi seperti yang kita tahu, dengan mengeluh itu tidak akan menyelesaikan masalah. Dan itu jelas semua orang tahu. Keluhan itu tidak akan pernah ada habisnya. Itu adalah hal yang paling dasar yang kita semua tahu itu. 

Mengeluh Tidak Akan Membalikkan Waktu Dan Kesempatan Ataupun Memperbaiki Keadaan

Mau kemanapun kita pergi, mau kemanapun kita beranjak, pasti akan ada saja masalah, human error. Dan itu wajar saja. Tidak ada kesalahan maka tidak ada namanya keberhasilan. Jadi jika masalah yang ada adalah hal yang mudah, atau hal yang itu-itu saja, dan kalian keluhkan itu, jelas akan terlihat akan seperti apa ujung karirmu atau nasibmu. Jadi kita perlu untuk menerima. Belajar menerima, jalani, lakukan. Nikmati proses, tidak ada hasil yang enak dengan proses yang jalan mulus. Semua hal yang baik dan enak, pasti jalannya pun untuk mendapatkan itu tidak mudah. 

Butuh banyak usaha dan tindakan, butuh aksi. Sehingga, daripada hanya mengeluhkan ini itu, kalian bisa menggunakan waktu kalian itu untuk mencari solusi, mencari cara menyelesaikannya. Dan kerjakan hal yang lebih berguna sehingga kalian bisa membuat keadaan lebih baik. Walaupun tidak bisa mengembalikkan waktu, tapi kalian bisa membuat waktu di berikutnya menjadi lebih baik. Dan itu yang lebih berguna untuk dilakukan. Itu lebih penting untuk dilakukan. Daripada hanya mengeluhkan atau mencari siapa dalangnya. 

Akan jauh lebih baik dan jauh lebih bijaksana, jika kita mengubah pola pikir seperti itu, dan berpikir dengan bagaimana cara mengatasi masalah, bagaimana cara keluar dari permasalahan. Itu akan jauh lebih baik dan berguna untuk dilakukan. Karena dengan sibuk mengeluh dan mencari pusat permasalahan, itu tidak akan mengembalikkan keadaan, dan meringankan pekerjaan. Malah hanya akan menghambatmu dalam melakukan kegiatanmu berikutnya.